Selasa, 21 Desember 2010

Anatomi Neuron

Jadi keinget waktu ikutan olimpiade Medspin 07 [kenangan] : 

                                          'The Doctor's Job':

To relieve Seldom

                 To cure often

To comfort always


Buat aku itu hal istimewa ..
hmm ...gpp deh aku posting yang berbau biologi .(matapelajaran fav :dulu)
masa anak informatika bisanya cm coding ..[padahal aku emng nggk bs coding :D]


 ANATOMI NEURON


Sebuah neuron (sel saraf) biasanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu badan sel, dendrit, dan akson.



Badan sel adalah bagian yang di dalamnya ditemukan nukleus dan organel-organel yang lain.
Sementara itu, dendrit adalah sejumlah besar tonjolan dari badan sel, biasanya berbentuk menyerupai akar pohon atau antena untuk meningkatkan luas permukaan yang memungkinkan penerimaan sinyal dari sel saraf lain. Dendrit membawa sinyal ke arah badan sel. Pada sebagian besar neuron, membran plasma badan sel dan dendrit mengandung reseptor-reseptor protein untuk mengikat zat perantara kimiawi (neurotransmitter) dari neuron lain.

Akson atau serat saraf adalah tonjolan tunggal, memanjang, berbentuk pipa yang menghantarkan potensial aksi menjauhi badan sel dan berakhir di sel saraf lain. Akson sering mengandung cabang-cabang sisi atau kolateral sepanjang seratnya. Bagian dari badan sel yang merupakan tempat keluarnya akson dikenal sebagai bukit akson ( axon hillock ). Bagian ini adalah tempat potensial aksi bermula di sebuah neuron. Akson panjangnya bervariasi, mulai dari kurang dari 1 mm pada neuron-neuron yang hanya berhubungan dengan sel-sel tetangganya, sampai lebih dari 1 m pada neuron-neuron yang berhubungan dengan bagian-bagian sistem saraf yang jauh atau dengan organ perifer.
Pada bagian ujung dari akson biasanya akan didapati percabangan yang cukup banyak (juga menyerupai akar pohon) yang disebut sebagai telodendrion. Di setiap ujung percabangan atau telodendrion ini akan ditemukan bulatan-bulatan kecil yang disebut button terminal atau terminal akson. Terminal-terminal ini mengeluarkan zat perantara kimiawi yang secara simultan mempengaruhi banyak sel lain yang berhubungan erat dengan terminal tersebut.

sumber : http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/1833118-anatomi-neuron/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011
Don't STOP reading !

Powered by
Free Blogger Templates