ini nih ...
gambaran tugas besar Manajemen Proyek Teknologi Informasi (MPTI).
judulnya 'Proyek pengadaan Sistem Penyewaan Kapal Berbasis GPS' *hahaaa
pertama buat proposal dulu, tentang garis besar proyek yang akan dikerjakan.
biasanya terdiri dari bussiness case, financial analysis, market factors, high level scope,assumption,high level resource, high level schedule, success criteria, risks, alternative, dan recommendation. tapi nggk smua elemen di atas harus ada dlm proposal .
misalnya finnancial analysis,
trus high level scope-nya seperti ini
Lingkup pekerjaan yang akan dilaksanakan dan kebutuhan yang diperlukan untuk melaksanakan proyek tersebut antara lain :
1. Studi kelayakan (feasibility study)
Mempelajari proses bisnis yang berlangsung di PT.Nusantara Tbk mengidentifikasi fungsi-fungsi bisnis yang diperlukan sehingga bisa disimpulkan kebutuhan aplikasi perangkat lunak secara pasti.
2. Desain fungsi (desain function)
Melakukan desain system secara detail, mulai dari content diagram, data flow diagram (dfd), desain file, desain table, relasi table dsb. Sehingga membentuk system lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemrograman (coding)
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Jumlah baris coding ini turut menetukan besar kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.
4. Pengujian (testing)
Dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan yang dilakukan secara benar sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan program aplikasi yang dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan.
5. Pelatihan (testing)
Sebelum diserahterimakan ke user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih user atau operator PT. Nusantara Tbk. yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna di kemudian hari.
6. Pemeliharaan (maintenance)
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggat waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
7. Dokumentasi (Documentation)
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk troubleshooting bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dsb.
high level resourcenya,
setelah proposal disetujui, maka kita mulai untuk mengerjakan proyek tersebut .
nah , sesuai dengan lingkup pekerjaan (high level scope) , tahap pertama yang akan kita lakukan adalah analisis .
namun sebelumnya kita bahas dulu tentang sebuah metode yang dapat digunakan dalam merencanakan dan mengawasi perencanaan proyek yaitu Work Breakdown Structure (WBS).
WBS menyediakan dasar bagi manager proyek untuk mendekomposisi proyek menjadi tugas-tugas yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk dikelola, sekaligus menjadi panduan untuk mengendalikan jalannya proyek selama tugas-tugas tersebut dilaksanakan oleh tim proyek.
untuk gantt chart sbgai berikut ,
mantab sis..kebetulan saya lagi belajar matkul manajemen proyek ni. boleh minta soft filenya ga` sis. tq be 4
BalasHapus